PERBEDAAN INDIVIDU
Faktor internal yang dapat mempengaruhi konsumen
adalah Sumber daya Konsumen,Motivasi dan Keterlibatan, Pengetahuan,Sikap
serta kepribadian, gaya hidup dan demografi.
1. Sumber daya Konsumen
Konsumen mempunyai tiga sumber daya dalam setiap pengambilan keputusan, yaitu:
a. Waktu
b. Uang
c. Perhatian (penerimaan informasi dan kemampuan pengolahan).
Misalnya wanita karier yang sibuk kerja, dimana dia
sebagai seorang istri dan seorang ibu,akan memiliki pendapatan yang
cukup besar untuk pembelian yang berupa pakaian ataupun peralatan rumah
tangga yang mahal harganya,namun ada pembatasan dalam hal ketersediaan
waktu untuk berbelanja serta mengalokasikan perhatian pada informasi
mengenai produk yang akan dibelinya nanti.
2. Motivasi dan keterlibatan
Motivasi adalah motor yang menggerakan konsumen,
serta membangkitkan dan mengarahkan perilaku konsumen pada arah dan
tujuan tertentu. Terdapat motif rasional dan motif emosional.
3. Pengetahuan
Pengetahuan merupakan hasil ataupun proses yang
didapat melalui proses belajar serta proses dalam memahami informasi
yang sudah tersimpan dalam benak konsumen.
4. Sikap
Sikap merupajan suatu evaluasi
yang bersifat menyeluruh yang memungkinkan seseorang memberikan respon
dalam bentuk respon yang bersifat menguntungkan dan yang tidak
menguntungkan terhadap sesuatu hal. Sikap konsumen berkaitan dengan
sikap positif dan negatif terhadap merek produk tertentu.
5. Kepribadian, gaya hidup dan demografi
Kepribadian (personality) dikaitkan dengan citra
sebuah merek, dimana produk juga mempunyai kepribadian sebuah merek,
kepribadian disini berupa keberanian, kelembutan, kejantanan, dsbnya.
Gaya Hidup Menurut James Engel adalah pola yang digunakan orang untuk hidup, menghabiskan uang serta menghabiskan waktu.
Demografi adalah pembagian sasaran berdasrkan
pangsa konsumen, seperti usia, tingkat pendidikan, pendapatan, jenis
kelamin, dsbnya.
sumber :http://esty.staff.uns.ac.id/pengaruh-perbedaan-individu-terhadap-pengambilan-keputusan-konsumen/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar